Pages

Badvirs

Siti

Tren Bisnis 2011, Dari Industri Besar - Bisnis Modal Dengkul

Tuesday, December 13, 2011

Tren Bisnis 2011, Dari Industri Besar - Bisnis Modal Dengkul


SYNCORE telah mengumpulkan data-data hasil survey dan sharing pengalaman pelaku usaha dan membuat analisis trend bisnis 2011, dengan point-point sebagai berikut:
  1. Perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh sekitar 6.3% di tahun 2011, inflasi 4.5%, harga minyak 75-90 dollar per barrel, namun harus terus memperhatikan perkembangan ‘perang kurs’ Amerika Serikat dengan China dan potensi Perang di Semenanjung Korea. Pergolakan global hanya akan memperlambat pemulihan ekonomi global dari krisis, dan akan memukul industry berorientasi ekspor.
  2. Rencana pembatasan subsidi BBM pada Januari 2011 akan berpengaruh signifikan terutama bisnis yang terkait transportasi, distribusi dan konsumsi.
  3. Perekonomian Indonesia masih akan bertopang pada konsumsi domestic, bisnis-bisnis terkait dengan pasar lokal masih akan aman, walau menghadapi tekanan di triwulan pertama 2011.
  4. Triwulan pertama 2011 akan menjadi periode yang berat, dengan ketidakpastian ekonomi global, pembatasan subsidi BBM, dan seretnya alokasi belanja dari pemerintah.
  5. Kebijakan-kebijakan tidak populer (tetapi harus dilakukan) dari pemerintah kemungkinan akan diambil pada triwulan pertama 2011, sesuai kebiasaan SBY untuk mengambil kebijakan tidak populer pada tengah tahun pemerintahan (sehingga masih cukup waktu operasi pemulihan citra menjelang masa jabatan berakhir).
  6. Pemerintah akan semakin tegas dalam upaya penegakan peraturan di bidang perdagangan, industri, perburuhan dan pajak.
  7. Trend pemasaran masih akan menggabungkan kekuatan channel distribusi, siapa yang memiliki channel distribusi paling baik, akan mempunyai peluang memenangkan persaingan.
  8. Pelayanan terhadap customer, akan menjadi kunci strategi memenangkan persaingan, mengingat customer yang semakin well informed terhadap pilihan-pilihan yang ada dan rendahnya switching cost.
  9. Otomatisasi pelayanan terhadap customer menggunakan teknologi informasi berbasis sewa (software as a service – SAAS) akan semakin populer, seperti saleforce.com, sugarcrm.com, autotask.com dan diprediksi bakal muncul pemain lokal di jenis layanan ini.
  10. Promosi dengan menggunakan social network (e.g Facebook, Twitter) akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan promosi menggunakan web.
  11. Community based marketing, akan tetap ampuh dalam menggali potensi pasar yang ada dan menggalang loyalitas pelanggan.
  12. Untuk industri motor, dominasi matic akan terus menggerus pangsa pasar bebek. Diperkirakan pada tahun 2011 penjualan matic akan mendekati 50% dari penjualan motor. Pemain-pemain besar diperkirakan akan meluncurkan produk-produknya di triwulan pertama tahun 2011.
  13. Untuk industri computer, dominasi laptop akan jauh mengungguli PC dengan perkiraan akan menembus rasio 80:20. Penjualan netbook telah mencapi titik puncak dan akan cenderung menurun, tergerus oleh trend iPad dan produk sejenis, terutama yang menggunakan aplikasi Android.
  14. Bisnis Franchise akan terus berkembang, dengan beberapa pemain belajar dari kesalahan di awal, dan menerapkan strategi-strategi baru di 2011. Diperkirakan akan banyak pemain lokal yang terus Berjaya di 2011. Produk franchise makanan dan minuman masih akan mendominasi.
  15. Trend bisnis kuliner akan terus menguat, dengan beberapa pemain sudah menerapkan konsep-konsep modern dalam hal branding, standarisasi proses memasak, supply chain dll.
  16. Aplikasi computer untuk perkantoran, terutama keuangan, akan mengalami lonjakan di 2011, dengan spesifikasi web based, multiplatform, mobile, dan berbasis sewa (software as a service). Pemain-pemain besar dunia akan mendowngrade harganya untuk bisa masuk pasar UKM di Indonesia yang tengah berkembang, tetapi kunci persaingan masih di support dan after sales.
  17. Industri kreatif akan terus berkembang, tidak terimbas krisis. Beberapa pemain akan sukses menembus pasar Internasional. Yogyakarta, Bandung, Jakarta akan jadi lokomotif untuk menghasilkan start-up di bidang Industri kreatif.
  18. Tren mahasiswa menjadi wirausaha akan semakin meningkat. Definisi mahasiswa/ lulusan yang sukses telah bergeser dari mahasiswa yang memiliki IP tinggi, lulus cepat dan diterima di perusahaan besar, menjadi mahasiswa yang sukses memiliki usaha di kala menjadi mahasiswa, dan mengembangkannya ketika lulus.
Sementara itu, bisnis modal dengkul dapat diterapkan untuk berbagai macam bisnis di Indonesia, bahkan saat ini sedang menjadi trend bisnis Tahun 2011. Banyak sekali buku dan referensi lainnya yang mengulas tentang bisnis modal dengkul, namun sedikit informasi yang menjelaskan secara teknis bagaimana memulai dan apa saja yang bisa kita lakukan dengan bisnis modal dengkul.
Bisnis modal dengkul artinya  berbisnis dengan modal yang kecil atau bahkan tidak modal sama sekali. Arti modal disini adalah modal keuangan. Sehingga anda dapat membangun kerajaan bisnis anda, tanpa mengeluarkan modal keuangan sepersen pun. Bagaimana?? apakah bisa?? Bisa!
Naahhh... bagaimana caranya memulai bisnis modal dengkul??? Oke.. kita ulas satu per satu. Bisnis tanpa modal biasanya mudah untuk dilakukan dalam bidang berikut ini: Jual Beli ( Makelar), Jasa dan Profesi.

Modal Dengkul di Bisnis Jual Beli
Bisnis jual beli sangatlah memungkinkan bagi anda untuk memulai bisnis modal dengkul. Dalam bahasa  kasarnya disebut sebagai Makelar. Namun bagaimana dari makelar ini anda memiliki bisnis sendiri?? Keahlian apa saja yang harus anda miliki??
Saat ini saya menjalankan bisnis LUMAGADA ( Lu Mau Apa Guwa Ada / kamu mau apa, saya punya ). Artinya, barang apa yang kamu cari, saya siap untuk membantu. Mulai dari penjualan properti, otomotif, mesin berat, mesin industri, peternakan, pertanian, hingga aksesoris atau oleh - oleh. Kenapa mereka  mencari saya untuk membeli produk??? (bahkan orang yang  tidak dikenal). Karena biasanya saya juga menjualkan produk - produk teman, saudara atau orang lain. Sehingga mereka percaya, saya memiliki link atau referensi produk yang mereka cari.
Hal - hal yang harus anda perhatikan:
1. Jagalah kepercayaan dan komitmen dari penjual/pembeli anda, dan jangan pentingkan keuntungan terlebih dahulu sebelum anda melaksanakan kewajiban anda.
2. Buatlah komitmen persetujuan dari awal (bila perlu diatas hitam putih) dengan penjual/pembeli, sehingga semuanya berjalan sesuai aturan. Jika suatu saat berbuat salah (wajar sebagai manusia), maka kewajibannya adalah bertanggung jawab terhadap kesalahan anda.
3. Jangan ambil untung terlalu banyak, karena relasi anda merupakan investasi bisnis.
4. Jika ada temen yang menawarkan produk kepada anda, jangan langsung ditolak. Lihat dahulu dan pertimbangkan untuk ditawarkan kembali kepada teman, saudara atau relasi anda.
5. Banyak ngobrol dan bersilaturahmi dengan orang lain, untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan orang lain. Selain itu juga, dapat digunakan untuk menawarkan produk - produk anda.
Bisnis Modal Dengkul di Bidang Jasa
1. Dimulai dari apa yang kita miliki
Bisnis Jasa merupakan bisnis yang paling inovatif dan produktif di Tahun 2011 ini. Contohnya bisnis saya di bidang Transportasi. Dengan mengusung brand TRANSMOJO, saya memulai bisnis Transportasi dengan sebuah modal motor pribadi merek Honda Astrea 800 yang menurut sebagian orang tidak dapat menghasilkan. Namun motor tersebut dapat saya manfaatkan untuk jasa antar jemput (seperti ojek). Hingga kini saya memiliki layanan TAXI Motor, Antar Sewa Motor / Wisata dengan Motor, antar jemput barang dan beberapa jasa layanan lainnya.
Prinsip dasar yang saya gunakan dengan bisnis model dengkul pada bidang jasa ini adalah bagaimana saya bisa memenuhi kebutuhan konsumen melalui produk - produk saya. Dan sekali lagi, modal armada  saya dapatkan melalui kerjasama dengan driver freelance yang memiliki armada sendiri. Saya hanya menciptakan sistem order dan sistem operasional bagi driver untuk melayani para tamu/penumpang.
2. Dimulai dari apa yang kita bisa/ ahli
Sebenarnya tidak harus ahli, cukup sekedar bisa dan terus mengembangkan apa yang bisa kita perbuat. Desain Murahyang saya rintis sejak Tahun 2008 yang lalu, kini alhamdulillah telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai industri kecil menengah di seluruh Indonesia.
Keahlian saya hanya menggunakan software coreldraw untuk membuat desain grafis. Keahlian ini saya gunakan untuk membuat Jasa Pembuatan Logo, yang pada umumnya tidak menggunakan olah gambar. Namun seiringnya bisnis berjalan, saya mengembangkan dengan membuka jasa pembuatan Desain Kaos, Website, Banner, Brosur, Kartu Nama, dan jasa desain lainnya. Dan saat ini telah menggandeng dengan beberapa desainer untuk membantu dalam pengerjaan pesanan konsumen.
Dari contoh 2 bisnis saya diatas, mungkin dapat diambil hikmahnya bahwa bisnis dapat anda lakukan walaupun tanpa modal keuangan alias BISNIS MODAL DENGKUL. Sedangkan bisnis saya yang lain ( Warung Makan), berjalan menggunakan modal awal. Namun sekali lagi, saya menjalin kerjasama dengan investor untuk menjalankan bisnis tersebut.
Untuk bisnis - bisnis yang sarat modal, namun anda tidak memiliki dana cukup, langkah yang harus anda lakukan adalah membuat proposal bisnis. Dengan Proposal Bisnis, anda dapat menjaring investor untuk membuat dan membangung kerjaan bisnis anda. Penjelasan dalam pembuatan proposal bisnis yang layak dan menjual, akan saya ulas di posting berikutnya. (fn/sc/tg)
www.suaramedia.com

1 comments:

bowo setiaawan said...

oke...ku tunggu posting berikutnya..

Post a Comment

 
 
 

Hem

Labels

Labels

Labels