Pages

Badvirs

Siti

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

Wednesday, December 28, 2011

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

Belakangan ini kaum muda seperti para mahasiswa banyak yang ingin terjun ke dunia bisnis. Kreatifitas dan ide – ide bisnis yang cemerlang banyak bermunculan dari mereka yang rata – rata masih berusia muda. Beberapa pengusaha muda yang masih menjadi mahasiswa telah menunjukan kesuksesan mereka dalam membuktikan kemandirian mereka.
Bisnis


Namun yang sangat disayangkan, tidak semua mahasiswa memiliki keyakinan dan keberanian yang sama untuk mencoba peluang bisnis yang ada. Masih banyak dari mahasiswa yang lebih memilih bekerja partime sebagai karyawan direstoran, warnet ataupun mengikuti event – event tertentu yang membutuhkan karyawan dibanding mencoba menjalankan sebuah usaha. Mereka masih berpikiran bahwa menjalankan bisnis akan mengganggu kuliah yang sedang ditempuhnya. Padahal sebenarnya banyak bisnis sampingan yang dapat dijalankan para mahasiswa tanpa mengganggu jadwal perkuliahan yang mereka tempuh.



Selain itu kepikiran dengan jadwal yang bertabrakan, para mahasiswa juga selalu menggunakan alasan belum memiliki modal besar untuk menjalankan usahanya. Sebenarnya banyak peluang usaha sampingan yang tidak membutuhkan modal besar, berikut ini beberapa contoh peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dicoba rekan – rekan yang sedang mencari usaha :

1. Bisnis jasa terjemahan bahasa
Bisnis

Bagi mahasiswa yang memiliki keahlian bahasa dapat mencoba bisnis jasa terjemahan bahasa baik online maupun offline. Jasa terjemahan masih banyak dicari para rekan mahasiswa lainnya dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Anda dapat memulai bisnis ini mulai dari lingkungan teman sesama mahasiswa.

2. Bisnis online
Bisnis

Salah satu bisnis yang bisa dicoba para mahasiswa adalah peluang bisnis online. Karena bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, karena hanya memerlukan laptop atau computer dan jaringan internet yang sudah menjadi bagian dari mahasiswa. Selain itu bisnis online juga memiliki waktu kerja yang fleksibel, mereka dapat menjalankan bisnis tersebut setelah pulang dari kuliah.

3. Bisnis pulsa elektrik
Bisnis

Bisnis pulsa elektrik juga sering dijadikan sebagai bisnis sampingan para mahasiswa. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya conter pulsa berjalan dikalangan para mahasiswa, hanya dengan menggunakan satu chip mereka sudah dapat melayani permintaan pulsa untuk semua provider. Bisnis ini juga memiliki prospek bagus, karena permintaan pulsa paling tinggi berasal dari para anak muda termasuk para mahasiswa.

4. Bisnis yang sesuai dengan hobi
Bisnis


Dari sekedar hobi yang ditekuni para mahasiswa ternyata dapat juga menghasilkan keuntungan jika diseriusi menjadi sebuah usaha. Misalnya saja banyak mahasiswi yang hobi berkreasi dengan pernak – pernik maupun aksesoris wanita serius menekuni hobinya hingga membuat sebuah butik aksesoris. Contoh lainnya yaitu bagi para mahasiwa jurusan elektronik yang memiliki hobi utak – atik memperbaiki alat elektroniknya, dapat menekuninya dengan membuka bisnis jasa servis alat elektronik. Selain contoh bisnis diatas, masih banyak lagi peluang bisnis untuk mahasiswa yang dapat dijalankan.

Kunci Sukses

Bisnis

Hal yang perlu diingat para mahasiswa saat mereka mencoba sebuah usaha adalah keseriusan dalam menjalankan usahanya. Sebelum menjalankan usaha yang diinginkan, sebaiknya tentukan pembagian jadwal antara kuliah dengan menjalankan bisnis. Sehingga bisnis yang Anda jalankan tidak hanya diseriusi saat waktu luang saja.

Setelah menemukan pembagian jadwal yang tepat bagi Anda dan bisnis yang akan dijalankan, sebaiknya pilih peluang usaha yang sesuai dengan minat atau bakat Anda. Jadi Anda dapat menikmati bisnis yang Anda tekuni dan tidak merasa memperoleh tambahan beban dari bisnis tersebut. Carilah informasi tentang semua hal yang bersangkutan dengan bidang bisnis yang akan dijalankan, dari mulai peralatan yang dibutuhkan, besar modal yang harus disiapkan, serta tentukan target pasar dari usaha Anda.
Banyak bisnis yang dapat dijalankan rekan – rekan yang masih berstatus sebagai mahasiswa, semoga dengan beberapa contoh usaha yang telah dibahas dapat dijadikan sebagai ide bisnis bagi para mahasiswa. Saatnya yang muda yang mulai berkarya dengan usahanya. Selamat mencoba dan salam sukses.

http://jawabanpasti.com/wp-content/uploads/2010/02/bisnis-untuk-mahasiswa.jpg dan http://www.peluangusaha.web.id/2009/12/peluang-usaha-peluang-bisnis-bagi.html
READ MORE - Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

mobil buatan tangan anak Indonesia

Tuesday, December 27, 2011



bisnis

Berikut beberapa mobil buatan tangan anak Indonesia yang layak untuk ditampilkan :

1. Mobil Kancil

bisnis
Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta

2. MOBIL ESEMKA

bisnis


Mobil yang satu ini hebatnya justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. Pada gambar di bawah ini merupakan Mobil Esemka SUV buatan siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan tidak kurang dari 50 siswa SMK Singosari Malang dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 175 Juta dalam pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka yang lainnya dikerjakan oleh SMK-SMK lainnya. Untuk harganya anda cukup mengeluarkan uang 80 Juta saja untuk mendapatkan mobil Esemka ini

3. MOBIL KOMODO

bisnis


Nama Komodo disematkan bukan karena bentuk mobilnya yang seperti Komodo, namun lebih pada fungsinya yang seperti Komodo, yakni selain kuat, Komodo bisa hidup di dua alam sekaligus. Seperti namanya, jangankan di lumpur, di air sekalipun Komodo sudah teruji kehandalannya.

Mobil Komodo adalah garapan PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat. Komodo hanya mampu membawa 2 orang penumpan

4. MOBIL TAWON

bisnis



Mobil imut ini buatan PT Super Gasindo Jaya. Mobil Tawon ini sudah mampu membawa 4 orang dan dibanderol dengan harga 48 Juta. Dengan kapasitas mesin 650 cc dan mampu mencapai kecepatan hingga 85 km/jam! Diperkirakan mobil ini akan menggantikan bajaj2 di Jakarta dan jg akan diproduksi secara massa

5. MOBIL ARINA
bisnis


Mobil Arina ini kapasitas mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu dipacu sampai dengan 70 km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat yaitu mencapai 40 km untuk 1 liter bensin.

Mobil Arina, yang merupakan singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi 100 persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal berada di bawah Rp 30 juta

READ MORE - mobil buatan tangan anak Indonesia

Global Economic Impact of the Japanese Earthquake, Tsunami, and Nuclear Disaster

Monday, December 19, 2011

Perspectives
Global Economic Impact of the Japanese Earthquake, Tsunami, and Nuclear Disaster
Published: 3/16/2011
Large, but (probably) temporary, impact on the Japanese economy; small impact on the rest of the world

bisnis

It is still too early to tell what the full impact of the March 11 earthquake, tsunami, and growing nuclear crisis on Japan’s infrastructure, industrial base, and economic growth will be—let alone the broader global impacts. Nevertheless, past natural disasters and disruptive events (the Kobe earthquake of 1995, 9/11, and Hurricane Katrina in 2005) give us some idea of the likely economic effects (and timeline) of this horrific event. The economic impacts of these events are typically large for a quarter or two after the event, and are mostly concentrated in the region of the disaster. After about two quarters, however, growth is boosted by the reconstruction effort. At the national level, the impact on economic growth is usually noticeable but small (a few tenths of a percent). In the case of Japan’s most recent calamity, given the damage to the electricity power generation capacity, the impact on economic growth could be greater.
bisnis


The following is IHS Global Insight’s preliminary analysis of the impact on Japan and the rest of the world.
READ MORE - Global Economic Impact of the Japanese Earthquake, Tsunami, and Nuclear Disaster

Will Japan’s quake rock the world economy?

Will Japan’s quake rock the world economy?

By Michael Schuman | March 16, 2011 | +

bisnis

After a stress-inducing day on Wall Street, investors have finally woken to the potential dangers to the world economic order posed by the giant earthquake and tsunami in Japan. The Japanese economy is the world’s third-largest, and its companies play important roles in everything from heavy industry to high-tech to finance. There is no doubt that the pain in Japan will somehow be felt by all of us.

But how much? Despite the jitters in the markets, the fallout from Japan’s trauma for the world economy might in the end be very limited. Here’s why:
bisnis


I think the main impact of Japan’s crisis will show itself in supply chains. Japan is tightly integrated into global manufacturing networks and is an important supplier of tons of stuff the world needs, from steel to semiconductors. So any disruption of supply of components and materials in Japan will ripple through those supply chains, potentially causing shortages or interruptions that would hamper factory operations around the world. It’s hard to tell at this point how severe the overall impact might be, but based on what’s going on in Japan’s industrial sector these days, problems seem inevitable. Factories are shut across the country, and with power shortages and transport a mess, industrial production is unlikely to get back to normal for weeks. The situation is probably most serious in electronics, since Japan produces 40% of the world’s electronics components, including materials and parts for chips and LCD TVs, as well as advanced batteries. This supply chain problem may be short-term, as companies find new sources of components, and there is enough spare capacity in Japan and elsewhere to replace production lost to quake damage. But that doesn’t mean the disruption won’t be costly.
READ MORE - Will Japan’s quake rock the world economy?

Wirausaha Muda Agar Tingkatkan Industri Perikanan

Sharif : Wirausaha Muda Agar Tingkatkan Industri Perikanan
09/12/2011 - Kategori : Siaran Pers
No. B.153/PDSI/HM.310/XII/2011

Sharif : Wirausaha Muda  Agar Tingkatkan Industri Perikanan

bisnis


Pelaku wirausaha perikanan diharapkan mampu membentuk dan meningkatkan nilai tawar produk perikanan Indonesia yang kuat di pasar dunila terutama dalam menghadapi tantangan persaingan global yang semakin kuat.
bisnis

Disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo dalam Temu Bisnis Alumni Pendidikan Kelautan dan Perikanan hari ini (9/12) di Jakarta.  Sharif mengatakan, terbentuknya komunitas wirausaha yang terdidik akan membentuk jejaring bisnis perikanan yang solid karena dari komunitas yang berlatar belakang serupa berpotensi menjadi kelompok yang memainkan peran penting serta mempelopori perubahan. ”Pelaku wirausaha yang mampu mempelopori perubahan atau agent of change dipastikan akan dapat menjalankan kegiatan usaha dengan melakukan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang bijaksana, sehingga tidak hanya bermanfaat secara ekonomi tapi juga bagi lingkungan”, ujarnya.


bisnis

Lebih lanjut Sharif mengungkapkan bahwa pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan saat ini hanya memperhatikan aspek ekonominya namun kurang memperhatikan aspek lingkungan. Padahal dengan memperhatikan aspek lingkungan secara langsung dapat bermanfaat secara ekonomi sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan. “Komunitas pelaku wirausaha diharapkan memiliki persepsi yang sama dalam menjalankan usahanya yakni secara bijaksana, cerdas, berwawasan lingkungan, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumberdaya perikanan sehingga dapat memberikan manfaat esecara ekonomi, sosial, dan lingkungan,” ujarnya. Ia menambahkan, salah satu kelompok masyarakat yang memiliki peran penting terkait dengan hal tersebut di atas adalah para pelaku usaha perikanan itu sendiri.

bisnis

Sebanyak 250 orang pengusaha sukses yang merupakan alumni lembaga pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan hadir pada acara ini. Mereka adalah alumni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, Akademi Perikanan (AP) Sidoarjo, AP Bitung, AP Sorong, Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM-N) Ladong Aceh, SUPM-N Pariaman, SUPM-N Tegal, SUPM-N Kota Agung, SUPM-N Pontianak, SUPM-N Bone, SUPM-N Waeheru Ambon, SUPM-N Sorong. Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja mengatakan, kegiatan temu bisnis ini dilakukan untuk meningkatkan akses bagi lulusan pendidikan kelautan dan perikanan ke dunia usaha dan industri. Sjarief berharap, dengan diselenggarakannya temu bisnis ini, maka akan tercipta sinergitas antara pemerintah dan pengusaha dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat serta dapat menciptakan tersedianya lapangan pekerjaan dan kesempatan berwirausaha di bidang kelautan dan perikanan.


Jakarta, 9 Desember 2011

Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi



Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc


Narasumber:

1.     Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., FRINA

Kepala Badan Pengembangan SDMKP (HP. 08111991920)

2.     Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc

Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi (HP. 0811836967)
READ MORE - Wirausaha Muda Agar Tingkatkan Industri Perikanan

Menumbuhkan Semangat Mengembangkan Peluang Wirausaha


Menumbuhkan Semangat Mengembangkan Peluang Wirausaha

bisnis


Sebagai negara sedang berkembang, Indonesia termasuk masih kekurangan wirausahawan. Hal ini dapat dipahami, kerena kondisi pendidikan di Indonesia masih belum menunjang kebutuhan pembangunan sektor ekonomi. Perhatikan, hampir seluruh sekolah masih didominasi oleh pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang konvensional. Mengapa hal itu dapat terjadi? Di satu sisi institusi pendidikan dan masyarakat kurang mendukung pertumbuhan wirausahawan. Di sisi lain, banyak kebijakan pemerintah yang tidak dapat mendorong semangat kerja masyarakat, misalkan kebijakan harga maksimum beras, maupun subsidi yang berlebihan yang tidak mendidik perilaku ekonomi masyarakat.

bisnis


Sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. Wirausahawan adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis yang berhadapan dengan resiko dan ketidakpastian bertujuan memperoleh profit dan mengalami pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. Dewasa ini banyak kesempatan untuk berwirausaha bagi setiap orang yang jeli melihat peluang bisnis tersebut. Karier kewirausahaan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat serta memberikan banyak pilihan barang dan jasa bagi konsumen, baik dalam maupun luar negeri. Meskipun perusahaan raksasa lebih menarik perhatian publik dan sering kali menghiasi berita utama, bisnis kecil tidak kalah penting perannya bagi kehidupan sosial dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.
bisnis


Oleh karena itu pemerintah mengharapkan para sarjana yang baru lulus mempunyai kemampuan dan keberanian untuk mendirikan bisnis baru meskipun secara ukuran bisnis termasuk kecil, tetapi membuka kesempatan pekerjaan bagi banyak orang. Pihak perguruan tinggi bertanggung jawab dalam mendidik dan memberikan kemampuan dalam melihat peluang bisnis serta mengelola bisnis tersebut serta memberikan motivasi untuk mempunyai keberanian menghadapi resiko bisnis. Peranan perguruan tinggi dalam memotivasi para sarjananya menjadi young entrepreneurs merupakan bagian dari salah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan. Menurut Thomas Zimmerer dalam bukunya, ada 8 faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan antara lain sebagai berikut :

1. Wirausahawan Sebagai Pahlawan.
Faktor diatas sangat mendorong setiap orang untuk mencoba mempunyai usaha sendiri karena adanya sikap masyarakat bahwa seorang wirausaha dianggap sebagai pahlawan serta sebagai model untuk diikuti. Sehingga status inilah yang mendorong seseorang memulai usaha sendiri.


2. Pendidikan Kewirausahaan.
Pendidikan kewirausahaan sangat populer di banyak akademi dan universitas di Amerika. Banyak mahasiswa semakin takut dengan berkurangnya kesempatan kerja yang tersedia sehingga mendorong untuk belajar kewirausahaan dengan tujuan setelah selesai kuliah dapat membuka usaha sendiri.

bisnis

3. Faktor ekonomi dan Kependudukan.
Dari segi demografi sebagian besar entrepreneur memulai bisnis antara umur 25 tahun sampai dengan 39 tahun. Hal ini didukung oleh komposisi jumlah penduduk di suatu negara, sebagian besar pada kisaran umur diatas. Lebih lagi, banyak orang menyadari bahwa dalam kewirausahaan tidak ada pembatasan baik dalam hal umur, jenis kelamin, ras, latar belakang ekonomi atau apapun juga dalam mencapai sukses dengan memiliki bisnis sendiri.

4. Pergeseran ke Ekonomi Jasa
Di Amerika pada tahun 2000 sektor jasa menghasilkan 92% pekerjaan dan 85% GDP negara tersebut. Karena sektor jasa relatif rendah investasi awalnya sehingga untuk menjadi populer di kalangan para wirausaha dan mendorong wirausaha untuk mencoba memulai usaha sendiri di bidang jasa.

5. Kemajuan Teknologi.
Dengan bantuan mesin bisnis modern seperti komputer, laptop, notebook, mesin fax, printer laser, printer color, mesin penjawab telpon, seseorang dapat bekerja dirumah seperti layaknya bisnis besar. Pada zaman dulu, tingginya biaya teknologi membuat bisnis kecil tidak mungkin bersaing dengan bisnis besar yang mampu membeli alat-alat tersebut. Sekarang komputer dan alat komunikasi tersebut harganya berada dalam jangkauan bisnis kecil.

6. Gaya Hidup Bebas.
Kewirausahaan sesuai dengan keinginan gaya hidup orang Amerika yang menyukai kebebasan dan kemandirian yaitu ingin bebas memilih tempat mereka tinggal dan jam kerja yang mereka sukai. Meskipun keamanan keuangan tetap merupakan sasaran penting bagi hampir semua wirausahawan, tetapi banyak prioritas lain seperti lebih banyak waktu untuk keluarga dan teman, lebih banyak waktu senggang dan lebih besar kemampuan mengendalikan stress hubungan dengan kerja. Dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa 77% orang dewasa yang diteliti, menetapkan penggunaan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman sebagai prioritas pertama. Menghasilkan uang berada pada urutan kelima dan membelanjakan uang untuk membeli barang berada pada urutan terakhir.

7. E-Commerce dan The World-Wide-Web
Perdagangan on-line tumbuh cepat sekali, sehingga menciptakan perdagangan banyak kesempatan bagi wirausahawan berbasis internet atau website. Data menunjukkan bahwa 47% bisnis kecil melakukan akses internet sedangkan 35% sudah mempunyai website sendiri. Faktor ini juga mendorong pertumbuhan wirausahawan di beberapa negara.

8. Peluang Internasional.
Dalam mencari pelanggan, bisnis kecil kini tidak lagi dibatasi dalam ruang lingkup Negara sendiri. Pergeseran dalam ekonomi global yang dramatis telah membuka pintu ke peluang bisnis yang luar biasa bagi para wirausahawan yang bersedia menggapai seluruh dunia. Kejadian dunia seperti runtuhnya tembok Berlin, revolusi di negara-negara baltik UniSoviet dan hilangnya hambatan perdagangan sebagai hasil perjanjian Masyarakat Ekonomi Eropa, telah membuka sebagian besar pasar dunia bagi para wirausahawan. Peluang Internasional akan terus berlanjut dan tumbuh dengan cepat pada abad ke 21.

Faktor yang mendukung pembahasan ini adalah faktor Pendidikan Kewirausahaan. Di luar negeri banyak universitas mempunyai suatu program khusus dalam mempelajari bidang kewirausahaan, sehingga ada suatu embrio young entrepreneur. Peranan perguruan tinggi hanya sekedar menjadi fasilitator dalam memotivasi, mengarahkan dan penyedia sarana prasarana dalam mempersiapkan sarjana yang mempunyai motivasi kuat, keberanian, kemampuan serta karakter pendukung dalam mendirikan bisnis baru.
READ MORE - Menumbuhkan Semangat Mengembangkan Peluang Wirausaha

Menumbuhkan Semangat Mengembangkan Peluang Wirausaha

Menumbuhkan Semangat Mengembangkan Peluang Wirausaha

Sebagai negara sedang berkembang, Indonesia termasuk masih kekurangan wirausahawan. Hal ini dapat dipahami, kerena kondisi pendidikan di Indonesia masih belum menunjang kebutuhan pembangunan sektor ekonomi. Perhatikan, hampir seluruh sekolah masih didominasi oleh pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang konvensional. Mengapa hal itu dapat terjadi? Di satu sisi institusi pendidikan dan masyarakat kurang mendukung pertumbuhan wirausahawan. Di sisi lain, banyak kebijakan pemerintah yang tidak dapat mendorong semangat kerja masyarakat, misalkan kebijakan harga maksimum beras, maupun subsidi yang berlebihan yang tidak mendidik perilaku ekonomi masyarakat.

Sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. Wirausahawan adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis yang berhadapan dengan resiko dan ketidakpastian bertujuan memperoleh profit dan mengalami pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. Dewasa ini banyak kesempatan untuk berwirausaha bagi setiap orang yang jeli melihat peluang bisnis tersebut. Karier kewirausahaan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat serta memberikan banyak pilihan barang dan jasa bagi konsumen, baik dalam maupun luar negeri. Meskipun perusahaan raksasa lebih menarik perhatian publik dan sering kali menghiasi berita utama, bisnis kecil tidak kalah penting perannya bagi kehidupan sosial dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Oleh karena itu pemerintah mengharapkan para sarjana yang baru lulus mempunyai kemampuan dan keberanian untuk mendirikan bisnis baru meskipun secara ukuran bisnis termasuk kecil, tetapi membuka kesempatan pekerjaan bagi banyak orang. Pihak perguruan tinggi bertanggung jawab dalam mendidik dan memberikan kemampuan dalam melihat peluang bisnis serta mengelola bisnis tersebut serta memberikan motivasi untuk mempunyai keberanian menghadapi resiko bisnis. Peranan perguruan tinggi dalam memotivasi para sarjananya menjadi young entrepreneurs merupakan bagian dari salah satu faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan. Menurut Thomas Zimmerer dalam bukunya, ada 8 faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan antara lain sebagai berikut :

1. Wirausahawan Sebagai Pahlawan.
Faktor diatas sangat mendorong setiap orang untuk mencoba mempunyai usaha sendiri karena adanya sikap masyarakat bahwa seorang wirausaha dianggap sebagai pahlawan serta sebagai model untuk diikuti. Sehingga status inilah yang mendorong seseorang memulai usaha sendiri.

2. Pendidikan Kewirausahaan.
Pendidikan kewirausahaan sangat populer di banyak akademi dan universitas di Amerika. Banyak mahasiswa semakin takut dengan berkurangnya kesempatan kerja yang tersedia sehingga mendorong untuk belajar kewirausahaan dengan tujuan setelah selesai kuliah dapat membuka usaha sendiri.

3. Faktor ekonomi dan Kependudukan.
Dari segi demografi sebagian besar entrepreneur memulai bisnis antara umur 25 tahun sampai dengan 39 tahun. Hal ini didukung oleh komposisi jumlah penduduk di suatu negara, sebagian besar pada kisaran umur diatas. Lebih lagi, banyak orang menyadari bahwa dalam kewirausahaan tidak ada pembatasan baik dalam hal umur, jenis kelamin, ras, latar belakang ekonomi atau apapun juga dalam mencapai sukses dengan memiliki bisnis sendiri.

4. Pergeseran ke Ekonomi Jasa
Di Amerika pada tahun 2000 sektor jasa menghasilkan 92% pekerjaan dan 85% GDP negara tersebut. Karena sektor jasa relatif rendah investasi awalnya sehingga untuk menjadi populer di kalangan para wirausaha dan mendorong wirausaha untuk mencoba memulai usaha sendiri di bidang jasa.
READ MORE - Menumbuhkan Semangat Mengembangkan Peluang Wirausaha

Ledakan Penduduk Lansia,Krisis Keuangan,dan Kesejahteraan

Ledakan Penduduk Lansia,Krisis Keuangan,dan Kesejahteraan



SEPUTAR INDONESIA, 15 Maret 2010

Sepintas judul di atas mungkin tampak aneh.Pertama,kenapa jumlah penduduk lanjut usia (lansia) meledak? Seperti balon yang terus mengembang dan terbang tinggi, akhirnya meledak dan kempes,jatuh ke bawah.

Bisnis


Kedua, apa hubungannya dengan masalah keuangan,apalagi krisis keuangan? Bukankah para lansia tidak punya uang. Kalaupun punya, uangnya sudah tidak banyak. Bagaimana para lansia dapat menyebabkan krisis keuangan global? Pada era 1960-an,1970-an,hingga 1980-an, dunia dicemaskan dengan laju pertumbuhan penduduk yang meningkat cepat.Peningkatan ini akibat tingginya angka kelahiran. Jumlah anak-anak dan penduduk muda meningkat dengan cepat.
READ MORE - Ledakan Penduduk Lansia,Krisis Keuangan,dan Kesejahteraan

Where (and How) to Invest 2012

Tuesday, December 13, 2011




Many investors wonder where to invest now but they do not consider how to invest - the basics of investing. Where to invest in 2012 is not just a strategic decision of how to choose the best funds but most importantly one of asset allocation.

Asset Allocation Beats Investment Selection

bisnis

Consider this: If you choose the best stock mutual funds for the year, you could still have lower returns than the person who chooses an average bond mutual fund. How so? If stocks as a whole have a terrible year and bonds as a whole have a great year, your gift for selecting stock funds is relatively useless because mediocre bonds beat even the best stocks. This point underscores the value of asset allocation. Selecting investments is important but asset allocation has a greater overall impact on the total return of your investment portfolio.
How to invest in 2012, as in any given year, depends primarily upon your risk tolerance and investment objectives. For example, if stocks appear to be a great place to invest, a conservative investor with only a few years until retirement should not have a high exposure (allocation) to stocks, regardless of the short-term outlook for the economy and stock market.

READ MORE - Where (and How) to Invest 2012

Penggusur Bill Gates yang kontroversial

Penggusur Bill Gates yang Kontroversial
Carlos Slim Helu


 
PREDIKAT Bill Gates sebagai pengusaha terkaya sejagat yang sempat disandangnya selama 13 tahun, akhirnya tumbang jua. Si dia yang berhasil mengunggulinya adalah Carlos Slim Helu. Uniknya, Carlos ternyata bukanlah pengusaha yang bermukim di negara kaya, melainkan warga negara Mexico, yakni salah satu negara berkembang di Amerika Latin yang 56% penduduknya masih tergolong miskin.
Kejutan yang mencuat ke permukaan pada pekan lalu itu, seperti yang dilansir oleh Mexican Financial, sebuah media yang terbit di Mexico, yang menyatakan bahwa kekayaan pribadi Carlos saat ini telah mencapai US$ 67,8 miliar. Itu berarti, total kekayaan Chief Executive Officer (CEO) Telmex (Teléfonos de México)—konglomerasi yang bergerak di bidang telekomunikasi—itu lebih besar US$ 8,6 miliar ketimbang kekayaan Bill Gates yang hanya US$ 59,2 miliar.
Fenomena Carlos memang menarik. Harta kekayaannya mulai berkembang pesat, paling tidak menurut majalah Forbes, mulai dirasakan sejak dua tahun terakhir. Pada 2005, kekayaan yang dimilikinya baru mencapai US$ 23,8 miliar. Saat itu ia baru tercatat sebagai pengusaha terkaya di urutan keempat. Tapi pada akhir 2006, kekayaannya tiba-tiba bertambah luar biasa, totalnya mencapai US$ 50 miliar. Karena itu pula Carlos layak naik peringkat di urutan ketiga orang terkaya sedunia, kendati masih di bawah Bill Gates dan Warren Buffett.


READ MORE - Penggusur Bill Gates yang kontroversial

Meski Ada Krisis Global, Pertumbuhan Ekonomi 2011 dan 2012 Bisa Dicapai

Meski Ada Krisis Global, Pertumbuhan Ekonomi 2011 dan 2012 Bisa Dicapai

Bisnis Target pertumbuhan akan terealisasi jika pemerintah memaksimalkan implementasi rencana pembangunan infrastruktur secara serius. Rully Ferdian
Jakarta–Anggota Komisi XI DPR Kemal Azis Stamboel menilai, target pertumbuhan ekonomi 2011 dan 2012 tetap bisa dicapai. Dalam UU APBNP 2011 dan UU APBN 2012 pertumbuhan ekonomi ditargetkan masing-masing sebesar 6,5% dan 6,7%.
“Meski eskalasi krisis dan resesi dunia semakin serius, pemerintah masih memiliki ruang domestik yang cukup luas untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi itu,” ujar Kemal, di Jakarta, Minggu, 27 November 2011.
Menurutnya, untuk perekonomian Indonesia yang domestic-driven, selain konsumsi domestik yang berkontribusi besar, investasi dan stimulus fiskal akan efektif untuk mencapai target pertumbuhan.
“Untuk itu peran belanja modal pemerintah dan bagaimana investasi di tanah air agar tumbuh menjadi penting. Sangat penting bagi pemerintah untuk memastikan realisasi belanja infrastruktur dan kondisi investasi serta usaha yang kondusif. Untuk itu pemerintah perlu bekerja keras dan cepat”, paparnya.
Sebagaimana diketahui, Bank Pembangunan Asia (ADB) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2011 dengan perkiraan 6,6% atau lebih tinggi dari proyeksi Bank Dunia sebelumnya yang hanya 6,4%.
ADB juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2012 hanya akan berada di level 6,3% jika krisis Eropa terus memburuk. Proyeksi ini sama dengan Bank Dunia yang memprediksikan pertumbuhan 2012 akan melambat di level 6,3%.
bisnis

“Proyeksi ini kan dengan sejumlah asumsi yang memburuk dari krisis global yang dipandang akan berimbas ke Indonesia. ADB misalnya menyampaikan ada tiga aktivitas ekonomi yang kemungkinan menjadi perantara dan berimbas negatif pada tahun depan, yaitu kinerja ekspor yang melambat, sektor keuangan yang mengalami kekurangan likuiditas, dan investasi yang melemah,” jelasnya.
Jadi, masih kata Kemal, kalau masalah-masalah itu bisa diantisipasi sedini mungkin kemudian dibuat kebijakan yang tepat sehingga hasilnya menjadi positif, tentunya proyeksinya bisa berbalik. Untuk itu pemerintah harus mendisain kebijakan agar ekspor tetap terjaga dengan diversifikasi pasar dan inovasi produk, mendorong investasi tumbuh dan bagaimana agar likuiditas sektor keuangan tetap terjaga.

READ MORE - Meski Ada Krisis Global, Pertumbuhan Ekonomi 2011 dan 2012 Bisa Dicapai

Tren Bisnis 2011, Dari Industri Besar - Bisnis Modal Dengkul

Tren Bisnis 2011, Dari Industri Besar - Bisnis Modal Dengkul


SYNCORE telah mengumpulkan data-data hasil survey dan sharing pengalaman pelaku usaha dan membuat analisis trend bisnis 2011, dengan point-point sebagai berikut:
  1. Perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh sekitar 6.3% di tahun 2011, inflasi 4.5%, harga minyak 75-90 dollar per barrel, namun harus terus memperhatikan perkembangan ‘perang kurs’ Amerika Serikat dengan China dan potensi Perang di Semenanjung Korea. Pergolakan global hanya akan memperlambat pemulihan ekonomi global dari krisis, dan akan memukul industry berorientasi ekspor.
  2. Rencana pembatasan subsidi BBM pada Januari 2011 akan berpengaruh signifikan terutama bisnis yang terkait transportasi, distribusi dan konsumsi.
  3. Perekonomian Indonesia masih akan bertopang pada konsumsi domestic, bisnis-bisnis terkait dengan pasar lokal masih akan aman, walau menghadapi tekanan di triwulan pertama 2011.
  4. Triwulan pertama 2011 akan menjadi periode yang berat, dengan ketidakpastian ekonomi global, pembatasan subsidi BBM, dan seretnya alokasi belanja dari pemerintah.
  5. Kebijakan-kebijakan tidak populer (tetapi harus dilakukan) dari pemerintah kemungkinan akan diambil pada triwulan pertama 2011, sesuai kebiasaan SBY untuk mengambil kebijakan tidak populer pada tengah tahun pemerintahan (sehingga masih cukup waktu operasi pemulihan citra menjelang masa jabatan berakhir).
  6. Pemerintah akan semakin tegas dalam upaya penegakan peraturan di bidang perdagangan, industri, perburuhan dan pajak.
  7. Trend pemasaran masih akan menggabungkan kekuatan channel distribusi, siapa yang memiliki channel distribusi paling baik, akan mempunyai peluang memenangkan persaingan.
  8. Pelayanan terhadap customer, akan menjadi kunci strategi memenangkan persaingan, mengingat customer yang semakin well informed terhadap pilihan-pilihan yang ada dan rendahnya switching cost.
  9. Otomatisasi pelayanan terhadap customer menggunakan teknologi informasi berbasis sewa (software as a service – SAAS) akan semakin populer, seperti saleforce.com, sugarcrm.com, autotask.com dan diprediksi bakal muncul pemain lokal di jenis layanan ini.
  10. Promosi dengan menggunakan social network (e.g Facebook, Twitter) akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan promosi menggunakan web.
  11. Community based marketing, akan tetap ampuh dalam menggali potensi pasar yang ada dan menggalang loyalitas pelanggan.
  12. Untuk industri motor, dominasi matic akan terus menggerus pangsa pasar bebek. Diperkirakan pada tahun 2011 penjualan matic akan mendekati 50% dari penjualan motor. Pemain-pemain besar diperkirakan akan meluncurkan produk-produknya di triwulan pertama tahun 2011.
  13. Untuk industri computer, dominasi laptop akan jauh mengungguli PC dengan perkiraan akan menembus rasio 80:20. Penjualan netbook telah mencapi titik puncak dan akan cenderung menurun, tergerus oleh trend iPad dan produk sejenis, terutama yang menggunakan aplikasi Android.
  14. Bisnis Franchise akan terus berkembang, dengan beberapa pemain belajar dari kesalahan di awal, dan menerapkan strategi-strategi baru di 2011. Diperkirakan akan banyak pemain lokal yang terus Berjaya di 2011. Produk franchise makanan dan minuman masih akan mendominasi.
  15. Trend bisnis kuliner akan terus menguat, dengan beberapa pemain sudah menerapkan konsep-konsep modern dalam hal branding, standarisasi proses memasak, supply chain dll.
  16. Aplikasi computer untuk perkantoran, terutama keuangan, akan mengalami lonjakan di 2011, dengan spesifikasi web based, multiplatform, mobile, dan berbasis sewa (software as a service). Pemain-pemain besar dunia akan mendowngrade harganya untuk bisa masuk pasar UKM di Indonesia yang tengah berkembang, tetapi kunci persaingan masih di support dan after sales.
  17. Industri kreatif akan terus berkembang, tidak terimbas krisis. Beberapa pemain akan sukses menembus pasar Internasional. Yogyakarta, Bandung, Jakarta akan jadi lokomotif untuk menghasilkan start-up di bidang Industri kreatif.
  18. Tren mahasiswa menjadi wirausaha akan semakin meningkat. Definisi mahasiswa/ lulusan yang sukses telah bergeser dari mahasiswa yang memiliki IP tinggi, lulus cepat dan diterima di perusahaan besar, menjadi mahasiswa yang sukses memiliki usaha di kala menjadi mahasiswa, dan mengembangkannya ketika lulus.
Sementara itu, bisnis modal dengkul dapat diterapkan untuk berbagai macam bisnis di Indonesia, bahkan saat ini sedang menjadi trend bisnis Tahun 2011. Banyak sekali buku dan referensi lainnya yang mengulas tentang bisnis modal dengkul, namun sedikit informasi yang menjelaskan secara teknis bagaimana memulai dan apa saja yang bisa kita lakukan dengan bisnis modal dengkul.
Bisnis modal dengkul artinya  berbisnis dengan modal yang kecil atau bahkan tidak modal sama sekali. Arti modal disini adalah modal keuangan. Sehingga anda dapat membangun kerajaan bisnis anda, tanpa mengeluarkan modal keuangan sepersen pun. Bagaimana?? apakah bisa?? Bisa!
Naahhh... bagaimana caranya memulai bisnis modal dengkul??? Oke.. kita ulas satu per satu. Bisnis tanpa modal biasanya mudah untuk dilakukan dalam bidang berikut ini: Jual Beli ( Makelar), Jasa dan Profesi.
READ MORE - Tren Bisnis 2011, Dari Industri Besar - Bisnis Modal Dengkul

Bimbingan Belajar dan Bisnis Pendidikan

Monday, December 12, 2011

Bimbingan Belajar dan Bisnis Pendidikan


Tumbuhnya berbagai bimbingan belajar menjadi satu fenomena menarik dan menjadi catatan tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia. Ketidakpuasan terhadap kondisi pembelajaran di sekolah diyakini sebagai salah satu penyebab tumbuh suburnya berbagai bimbingan belajar tersebut.

Sekolah yang memiliki otoritas sebagai tempat untuk menyelenggarakan pendidikan sering dipertanyakan perannya. Hal ini adalah salah satu masalah yang ada dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Sebagai alternatif belajar di luar sekolah banyak siswa yang menggantungkan harapannya pada bimbingan belajar untuk mendapatkan materi yang tidak diajarkan di sekolah. Dengan adanya proses penerimaan di PTN melalui ujian tertulis semakin menambah daya tarik siswa terhadap bimbingan belajar.

Seiring dengan itu banyak bermunculan bimbingan belajar untuk merespon tantangan ini. Namun, kenyataannya kondisi ini tidak diiringi dengan kesungguhan penyelenggara bimbingan belajar dalam melaksanakan proses pembelajaran.
READ MORE - Bimbingan Belajar dan Bisnis Pendidikan

Mutakhirkah Pendidikan Bisnis di Indonesia?

Saturday, December 10, 2011

Mutakhirkah Pendidikan Bisnis di Indonesia?


“Candidates must demonstrate research excellence and evidence of
teaching potential in any one or more of the areas of the Department,
with particular emphasis in supply chain (distribution /logistics, IS
/ e-commerce), enterprise systems…”.

Kalimat diatas adalah sebuah potongan kalimat yang tercantum dalam
suatu iklan lowongan dosen di sebuah universitas di Amerika yang dipublikasikan di milis Manufacturing and Service Operations Management (MSOM. Dalam dua tahun terakhir ini, memang banyak sekali lowongan dosen di perguruan tinggi negara-negara maju yang menekankan kualifikasi pada bidang Supply Chain Management (SCM) dan E-commerce. Ini adalah satu pertanda betapa perguruan tinggi negara-negara maju melakukan pemutakhiran kualifikkasi dosen agar pendidikan yang mereka tawarkan sesuai dengan kebutuhan dunia bisnis yang dihadapi.
READ MORE - Mutakhirkah Pendidikan Bisnis di Indonesia?

Pengusaha Muda

Rahasia Sukses Pengusaha Muda




Pengusaha Muda

Kisah sukses usaha yang dimulai dari nol, lalu menuai sukses, mungkin bukan hal baru. Berwirausaha dari nol bukanlah sebuah perkara mudah.

Di tengah jalan, selalu saja muncul berbagai rintangan. Tetapi kisah perjalanan bisnis mereka yang merintis usaha dari nol kemudian mencapai sukses tetap menarik untuk disimak. Terlebih jika kisah tersebut dilakoni mereka yang berusia muda. Lantas, apa rahasia sukses para pengusaha muda?

Meminjam istilah Jennie S Bev, penulis juga pengajar asal Indonesia yang bermukim di California, Amerika Serikat (AS) dalam pengantar buku Kumpulan Kisah Para Pengusaha Muda yang Sukses Berbisnis dari Nol, Rahasia Jadi Entrepreneur Muda (DAR! Mizan, 2008) karya Faif Yusuf, untuk berwirausaha sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan meningkatkan mindset dan mulai membuka bisnis sendiri.

Dalam pandangan Jennie, setiap orang adalah personifikasi sukses itu sendiri. Sebab, success is a mindset, it is not a journey or destination (sukses adalah cara berpikir atau bersikap, bukan perjalanan maupun tujuan). Tetapi anggapan di masyarakat masih lazim ditemukan bahwa berwirausaha identik dengan para pengusaha besar dan mapan. Tidak jarang pula yang beranggapan bahwa wirausaha semata-mata hanya untuk mengejar kekayaan.


READ MORE - Pengusaha Muda

Reza Malik, Obsesi Usaha Roti Sang Santri

Reza Malik, Obsesi Usaha Roti Sang Santri



Santri jebolan pondok pesantren ini berhasil mengembangkan usaha roti hingga produksinya bisa meludeskan 150 bal tepung terigu sehari. Dia masih menyimpan sebuah obsesi besar.

Untuk ukuran pengusaha roti skala kecil menengah (UKM), prestasi Reza Malik memang luar biasa. Lihat saja volume produksinya, yang menghabiskan tepung terigu sampai 150 bal sehari. Dengan merek Riz-Qy, roti produk Reza dipasarkan melalui 14 unit armada mobil, 50 unit gerobak becak, dan 50 orang pedagang pikulan. Di samping itu, Reza masih memiliki tiga buah toko roti. Dilihat dari sarana pemasarannya, jelas, Reza membidik konsumen kelas bawah, menengah sampai atas sekaligus.

"Khusus yang pikulan, saya anggap perlu agar bisa menyasar daerah pemukiman yang sulit dijangkau kendaraan," ujar Reza, "Sedangkan yang dijajakan di toko, adalah roti kualitas bakery, untuk kalangan menengah ke atas." Pria berusia 45 tahun itu, berniat mengembangkan toko rotinya, dengan sistem waralaba.

Reza Malik memulai usaha roti pada 1982, dengan modal Rp 10 juta. "Ketika itu, terus terang saja, pengetahuan saya tentang roti, nol," akunya. Usaha Reza mulai berkembang, ketika —pada 1984— mengikuti pelatihan pembuatan roti di baking school bogasari selama 2 minggu. "Dari situ, saya bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan membuat roti yang baik," ujarnya.

Agar selalu bisa mengikuti selera konsumen, Reza melakukan observasi secara periodik. "Ya, observasinya sederhana saja. Yang penting, kita tahu apa maunya konsumen," jelasnya, "Intinya, kita harus tanggap dan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan selera konsumen."

Dalam rangka itulah, Reza tak pernah bosan mencari pengetahuan baru soal pembuatan roti. Misalnya, dia tak sungkan-sungkan mendatangi karyawan bahkan pemilik bakery terkemuka di Jakarta, untuk mengintip rahasia pembuatan roti mereka. Buku-buku tentang roti pun, menjadi objek pemburuannya.

Reza, seorang santri jebolan Pesantren Gontor, Jawa Timur tahun 1978, memang memiliki jiwa wirausaha yang luar biasa. Di samping roti, dia juga berhasil mengembangkan sebuah toko grosir. Toko bernama "Haji Malik" yang di daerah Jatinegara, Jakarta Timur, sudah sangat terkenal itu, juga berperan sebagai distributor tepung terigu, dengan volume penjualan sekitar 15 ribu bal per bulan.

Reza juga memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang penyaluran tenaga kerja ke luar negeri. "Tapi, yang paling saya nikmati, ya, bisnis roti ini," katanya.

Menurut Reza, usaha roti bisa mendatangkan kepuasan tersendiri, terutama karena bisa memberikan manfaat pada banyak orang. Karena itu, selama menjalankan usahanya, Reza terus memendam sebuah obsesi besar: mendirikan baking school di daerah Jakarta Timur. "Dengan merangkul teman-teman sesama pengusaha roti, mudah-mudahan pada 2003 nanti rencana itu bisa terwujud," tekadnya.

Reza yakin, keberadaan baking school akan sangat membantu calon-calon pengusaha makanan berbasis tepung, atau pengusaha yang mau mengembangkan usahanya. Pasalnya dia sendiri merasa, perkembangan usahanya sangat ditopang oleh peningkatan keterampilan dan pengetahuan di bidang pembuatan roti.

KUNCI SUKSES

Serius mempelajari teknik pembuatan roti yang baik.

Melakukan observasi secara periodik, untuk mengikuti perubahan selera konsumen.

Membidik konsumen kalangan atas dan bawah, dengan menggunakan berbagai sarana penjualan yang sesuai.

Menikmati usaha yang dijalaninya.

http://pengusahamuslim.com/reza-malik-obsesi-usaha-roti-sang-santri
READ MORE - Reza Malik, Obsesi Usaha Roti Sang Santri

Ekonomi dan Keuangan

Ekonomi dan KeuanganKedua Komite
Komite Ekonomi dan Keuangan (Komite Kedua), diketuai oleh HE Mr Abulkalam Abdul Momen Bangladesh. Selama sesi ini, ia akan berurusan dengan isu-isu yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan seperti kebijakan makroekonomi pertanyaan (termasuk perdagangan internasional, sistem keuangan internasional, dan keberlanjutan utang eksternal), pembiayaan pembangunan, pembangunan berkelanjutan, pemukiman manusia, pemberantasan kemiskinan, globalisasi dan saling ketergantungan, kegiatan operasional untuk pengembangan, dan informasi dan teknologi komunikasi untuk pembangunan.
Kedua Komite juga akan mempertimbangkan isu-isu yang berkaitan dengan Kelompok Negara-negara di situasi khusus - seperti Negara Terbelakang (LDC) dan Negara Berkembang Daratan (LLDCs). Ini juga akan mempertimbangkan item pada kedaulatan tetap rakyat Palestina di Wilayah Pendudukan Palestina, termasuk Jerusalem Timur, dan penduduk Arab di Golan Suriah yang diduduki atas sumber daya alam mereka.
Pada sesi enam puluh lima, Komite Kedua mengambil tindakan atas 44 proposal draft. Komite ini diharapkan untuk bertindak pada sejumlah proposal yang sama selama sesi tahun ini.
Sesuai dengan proses yang sedang berlangsung revitalisasi Majelis Umum, Komite II yang terlibat dalam memperbarui metode kerjanya dan praktek dalam rangka meningkatkan kualitas perdebatan dan dampak dari pertimbangan dan keputusan, serta untuk lebih merampingkan agenda Komite dan program kerja, biennialize agenda, cluster pertimbangan agenda tematis, tahan interaktif "pertanyaan waktu" sesi dengan para pejabat sekretariat setelah presentasi laporan substantif, dan secara aktif bekerja untuk mengurangi jumlah dan panjang draft resolusi yang diadopsi selama sesi tersebut.
Seperti pada sesi sebelumnya, Komite akan mengadakan dialog dengan Sekretaris Eksekutif Komisi Daerah serta jadwal sejumlah peristiwa sisi sebagai bagian dari program kerjanya.


[28 September 2011]
 
http://www.un.org/en/ga/second/index.shtml
 
READ MORE - Ekonomi dan Keuangan

Economic and Financial

Economic and Financial
Second Committee

The Economic and Financial Committee (Second Committee), is chaired by H.E. Mr. Abulkalam Abdul Momen of Bangladesh. During this session, it will deal with issues relating to economic growth and development such as macroeconomic policy questions (including international trade, international financial system, and external debt sustainability), financing for development, sustainable development, human settlements, poverty eradication, globalization and interdependence, operational activities for development, and information and communication technologies for development.

The Second Committee will also consider issues relating to Groups of Countries in special situations - such as the Least Developed Countries (LDCs) and Landlocked Developing Countries (LLDCs). It will also consider the item on permanent sovereignty of the Palestinian people in the Occupied Palestinian Territory, including East Jerusalem, and of the Arab population in the occupied Syrian Golan over their natural resources.

At the sixty-fifth session, the Second Committee took action on 44 draft proposals. The Committee is expected to act on a similar number of proposals during this year’s session.

In accordance with the on-going process of revitalization of the General Assembly, the Second Committee is engaged in updating its working methods and practices in order to improve the quality of debates and the impact of their deliberations and decisions, as well as to further streamline the Committee’s agenda and programme of work, biennialize agenda items, cluster the consideration of agenda items thematically, hold interactive “question time” sessions with secretariat officials after the presentation of substantive reports, and actively work to reduce the number and length of draft resolutions adopted during its sessions.

As in previous sessions, the Committee will hold a dialogue with the Executive Secretaries of the Regional Commissions as well as schedule a number of side events as part of its programme of work.



[28 September 2011 ]
http://www.un.org/en/ga/second/index.shtml
READ MORE - Economic and Financial

Third World Economic Development

    The Concise Encyclopedia of Economics
Third World Economic Development
by Clive Crook


    The development experiences of Third World countries since the fifties have been staggeringly diverse—and hence very informative. Forty years ago the developing countries looked a lot more like each other than they do today. Take India and South Korea. By any standards, both countries were extremely poor: India's income per capita was about $150 (in 1980 dollars) and South Korea's was about $350. Life expectancy was about forty years and fifty years respectively. In both countries roughly 70 percent of the people worked on the land, and farming accounted for 40 percent of national income. The two countries were so far behind the industrial world that it seemed nearly inconceivable that either could ever attain reasonable standards of living, let alone catch up.
READ MORE - Third World Economic Development

Howard Schultz, The Story of the Global Cup of Coffee

Howard Schultz, The Story of the Global Cup of Coffee
Bursa Lowongan Kerja 2011 Friday, March 27, 2009
What would you do if your idea was rejected and abused-even considered insane-by 217 of 242 people who had been invited to speak? Give up? Or even more excited? If this last option that you do, perhaps someday, a dream of making world-class business could be yours.



READ MORE - Howard Schultz, The Story of the Global Cup of Coffee

Howard Schultz, Kisah Secangkir Kopi Yang Mendunia


Howard Schultz, Kisah Secangkir Kopi Yang Mendunia
Artikel di buat oleh Liena Aifen pada October 21, 2011 dalam Motivasi

Howard SchultzApa yang akan Anda lakukan jika ide Anda ditolak dan dilecehkan-bahkan dianggap gila-oleh 217 orang dari 242 yang diajak bicara? Menyerah? Atau malah makin bergairah? Jika pilihan terakhir ini yang Anda lakukan, barangkali suatu saat, sebuah impian membuat bisnis kelas dunia bisa jadi milik Anda.


READ MORE - Howard Schultz, Kisah Secangkir Kopi Yang Mendunia

Tips Sukses 9 Langkah Membangun Bisnis

Tips Sukses 9 Langkah Membangun Bisnis

“sebelum bersia 5 tahun, sebuah bisnis warung makan, belum dikatakan bisa bertahan lama.” Berikut ini adalah tips dan langkah demi langkah yang akan membantu anda suskes dalam membangun dan sekaligus memelihara bisnis Anda:

1. Siapkan Mental. Dibandingkan dengan bekerja di perusahaan, berwirausaha memang lebih banyak
READ MORE - Tips Sukses 9 Langkah Membangun Bisnis

How to Make a Global Company Website


How to Make a Global Company Website

Your company’s website is the online face of your company. Just as you expect your employees to look presentable when they arrive at work, you should make sure that your website does the same for your company, and even much, much more. One of Wix.com free Flash templates greatest advantages is that it enables the creation of professional looking and extremely attractive websites using Flash technology. You can get that perfect result without paying programmers and designers a great chunk of change that can now be spent elsewhere. But you have to put some thought into what exactly the site should include and what it should look like.
Getting Started



READ MORE - How to Make a Global Company Website

Indonesia's Economic

Indonesia's Economic Development
in comparison to South Korea and Taiwan
Gary Dean, September 1999
Reference: http://okusi.net/garydean/works/IndEcDev.html

The rapid pace of economic development in East Asia over the past few decades has awed the world.  This is particularly so for the so-called Newly Industrialising Countries (NICs) which include South Korea and Taiwan, together with the city-states of Singapore and Hongkong.  Since the 1980's, these states have experienced very rapid growth rates, especially South Korea and Taiwan, which have recorded annual GDP growth of 9.7% and 8.3% respectively during the period 1980 to 1990.  By comparison, Indonesia during this same period recorded 5.4% annual GDP growth, which whilst still a fast rate of economic growth, comes nowhere near that of South Korea and Taiwan.[1]

This paper shall focus on the recent economic development in Indonesia, and attempt to contrast it with that of Korea and Taiwan.  It shall attempt to explain why such relatively large differences in economic growth occurred between these countries, despite a significant number of shared historical experiences and a certain amount of cultural similarity.  Why is it that South Korea and Taiwan have surged ahead economically during this time, whilst by comparison Indonesia has lagged in relative terms? What makes Indonesia so different?

My perspective is shamelessly culturalist.  I shall start by giving an overview of the Indonesian economy and the social cultural framework within which it operates, including the influence of patrimonialism, the bureaucracy, and the educational and legal system.  I shall then contrast this with the state of affairs in South Korea and Taiwan, discussing some of the similarities, and then highlighting the many differences.
READ MORE - Indonesia's Economic

The Impact on Industrial Countries

Oil Price Shocks and U.S. Economic Activity
RFF Feature
July 28, 2010

New RFF analysis finds global influences, such as oil price shocks, may be secondary to domestic influences when it comes to understanding the causes of U.S. economic fluctuation.

Economists have examined the relationship between oil price shocks and U.S. economic activity since the 1970s and early 1980s—when oil prices rose sharply and the United States plunged into recession. The early research quantified the relationship between oil prices and U.S. economic activity and examined the avenues through which oil price shocks might affect U.S. economic activity.

READ MORE - The Impact on Industrial Countries

LANGKAH-LANGKAH Awal MEMBANGUN Bisnis

Friday, December 9, 2011

LANGKAH-LANGKAH Awal MEMBANGUN Bisnis

Geliat dunia entrepreneurship di negeri ini sangat membanggakan. Banyaknya pebisnis baru yang bermunculan, saya yakin bisa semakin memakmurkan negeri tercinta ini. Bagi Anda yang saat ini belum terjun ke dunia bisnis Anda sendiri, dan punya keinginan kuat untuk memulai usaha mandiri sebagai seorang entrepreneur sejati, tapi masih bingung bagaimana cara memulainya, maka diperlukan sebuah perubahan mindset pegawai menjadi mindset entrepreneur.

Saya coba tuliskan hal-hal yang Anda perlukan untuk mulai membentuk mindset entrepreneur di dalam diri Anda, sehingga Anda nantinya bisa benar-benar terjun menjadi seorang entrepreneur sejati…dengan sepenuh hati…yang tidak pernah mati…haalah…hehehe.

Langkah awal, tentu saja Anda harus punya Perencanaan Bisnis. Ini memang kelihatannya klise, tapi ingatlah, TIDAK ADA SUKSES TANPA PERENCANAAN. Setiap kesuksesan, pasti sudah ada perencanaan sebelumnya. Jangan percaya omongan yang mengatakan bahwa sukses bisa diraih tanpa rencana, atau jalani hidup apa adanya seperti air mengalir…meskipun yang bicara itu adalah orang yang sudah dikenal sangat sukses sekalipun. Jangan Percaya! Logikanya, ALLAH saja sangat merencanakan kehidupan manusia di bumi ini sampai di akhirat nanti, ya toh? Lha kita ini kalau hidup tanpa punya perencanaan sama sekali, itu namanya kebangetan.

Ok, jadi jika Anda ingin menjadi entrepreneur, sebaiknya dan seharusnya Anda menuliskan RENCANA BISNIS Anda, yang berisi outline tujuan dan sasaran bisnis, serta rencana tindakan bagaimana Anda meraih tujuan dan sasaran bisnis Anda itu. Selanjutnya coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

    * Tulislah Garis Besar Konsep Bisnis Anda.

     * Tentukan Visi dan Misi Bisnis Anda.

     * Tentukan produk atau jasa bisnis Anda, yang akan ditawarkan, misalnya: menjual eceran, menjual secara grosir, menjadi konsultan, menjadi produsen, atau kombinasi dari semua bentuk bisnis yang disebutkan tadi.

     * Tentukan, apakah Anda akan mengembangkan sendiri bisnis Anda, membeli bisnis yang sudah ada, atau membeli Franchise.

     * Tentukan pasar umum yang akan diraih, ini berkaitan dengan rencana pemasaran bisnis Anda.



    * Perkirakan biaya pembukaan bisnis Anda.

    * Kenali sumber daya manusia dan sumber pendanaan yang Anda miliki.

    * Kenali kekurangan Anda atau hal yang tidak Anda miliki, dan susun rencana untuk memperbaiki dan mengatasinya.

    * Putuskan, apa yang Anda inginkan dari bisnis ini, di saat sekarang maupun di masa depan.



Saat Anda menuliskan Perencanaan Bisnis ini, Anda harus melakukannya dengan PASSION, penuh hasrat membara di segenap lahir dan batin Anda. Bukan sekedar menulis dengan bagus saja, yang tanpa perasaan emosi. Anda harus memberikan ruh spirit entrepreneur pada saat menyusun rencana bisnis Anda itu. Hayati itu dengan segenap perasaan lahir dan batin Anda.

Anda harus yakin dengan apa yang Anda coba untuk meraihnya di dalam bisnis Anda nanti. Tanpa keyakinan, maka Anda akan menemui kesulitan untuk mencapai tujuan bisnis Anda, bahkan Anda bisa saja berhenti sebelum melangkah dan mundur sebelum melangkah maju.

Terakhir! Jika Anda sudah termotivasi dan punya passion untuk membangun bisnis Anda sendiri, maka segera lakukan tindakan untuk memwujudkan bisnis Anda itu! Jangan sekedar menuliskan rencana bagus saja. Langsung ACTION saja. Ayoo mulai berbisnis sendiri!



Salam Luar Biasa Prima!

Sumber : http://www.swastikaprima.ac.id/
READ MORE - LANGKAH-LANGKAH Awal MEMBANGUN Bisnis

Rahasia kekayaan Warren Buffet [orang terkaya di dunia]

Sunday, December 4, 2011




Banyak orang mencoba mencari rahasia pola pikir dan tips jitu dari langkah investasi a’la Buffet dengan memborong dan mengikuti buku – bukunya yang laris manis di pasaran. Namun, rahasia kekayaan Buffett sebenarnya, datang dari sikap dermawan dan lifestyle sederhana dalam pribadi hidupnya.

Sejak usia dini, Buffet telah menunjukkan kegemarannya dalam menghasilkan dan menabung uang. Dia pernah menjadi sales door to door, menjual permen karet, minuman soda, sampai majalah dan koran. Penghasilannya selalu ia tabung dan hanya digunakan untuk keperluan yang penting saja.

Warren Buffett yang sering disebut “Oracle from Omaha”, saat ini memiliki harta kekayaan bernilai sekitar US$47 miliar. Bersama istrinya, pria 79 tahun tersebut masih tinggal di rumah sederhana di Omaha, Nebraska, AS yang dibeli dengan harga US$31,500, lebih dari 50 tahun lalu dengan tetap tidak memakai pagar.
bisnis


Buffet bepergian tanpa dikawal siapapun dan membawa sendiri mobil pribadi sederhana yang dipakai hingga rusak sebelum digantinya. Dia tidak berkeliling dunia memakai jet pribadi, meski ia memiliki salah satu perusahaan pesawat jet terbesar di dunia. Waktu istirahatnya dipakainya dengan menonton TV sambil makan pop corn.

Walau sering menikmati hidangan di restoran terbaik di berbagai belahan dunia, Buffett lebih memilih menu burger, kentang goreng dan Coca-Cola dingin. Saat ditanya mengapa dia tidak memiliki sebuah kapal pesiar, Buffett menjawab: “Kebanyakan mainan cuma menimbulkan rasa nyeri di leher“. Bahkan, ia tidak mempunyai komputer di meja kerjanya dan bepergian tanpa telepon genggam.

"Anak – anaknya tidak akan mewarisi sebagian besar dari kekayaannya", Buffet ingin memberikan mereka secukupnya dan menghindari agar mereka jangan sampai merasa tidak harus melakukan apa – apa, karena terlalu nyaman dengan keadaannya sekarang.

Warren Buffet pernah berjanji, setelah meninggal ia akan memberikan 85% harta kekayaannya pada yayasan amal milik Bill Gates, Gates Foundation. Namun, ia bederma lebih cepat dari dugaan. Pada tahun 2006, Warren Buffett mendonasikan 10 juta sahamnya di Berkshire senilai US$30,7 miliar kepada Gates Foundation. Jumlah sumbangan amal Buffett tercatat sebagai sumbangan terbesar dalam sejarah Amerika.

READ MORE - Rahasia kekayaan Warren Buffet [orang terkaya di dunia]

10 Orang Terkaya di Dunia 2011

Taipan asal Meksiko, Carlos Slim Helu, tahun ini tetap menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaan konglomerat telekomunikasi ini bertambah 20,5 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu menjadi 74 miliar dollar AS sehingga berada di pucuk orang terkaya sedunia berdasarkan daftar 2011 Billionaires List yang dikeluarkan Forbes.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, dan pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffet, yang hartanya “hanya” bertambah 3 miliar dollar AS harus puas berada di posis kedua dan ketiga dengan masing-masing nilai kekayaan sebesar 56 miliar dollar AS dan 50 miliar dollar AS. Yang menarik, 70 persen sumber kekayaan Gates ternyata bukan dari Microsoft, melainkan dari hasil investasi di Meksiko. Gates berinvestasi di pasar saham, perusahaan minuman ringan Femsa dan Grupo Televisa di negeri tersebut.

Posisi keempat ditempati pria Perancis sekaligus orang terkaya di Eropa, Bernard Arnault, yang mempunyai harta senilai 41 miliar dollar AS. Harta Arnault melonjak 13,5 miliar dollar AS berkat kepemilikan sahamnya di perusahaan produk-produk mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH). Di posisi kelima ada Larry Ellison, pendiri perusahaan Oracle, dengan kekayaan 39,5 miliar dollar AS. Di urutan keenam adalah Lakshmi Mittal, konglomerat baja India dengan nilai 31,1 miliar dollar AS.

Adapun Amancio Ortega dari Spanyol dengan kekayaan 31 miliar dollar AS menduduki posisi tujuh, kedelapan Eiko Batista dari Brasil (30 miliar dollar AS), kesembilan Mukesh Ambani dari India (27 miliar dollar AS), dan di posisi 10 ditempati pemilik ritel raksasa Walmart Keluarga Christy Walton dengan harta 26,5 miliar dollar AS. Pada tahun ke-25 ini, Billionaires List memecahkan dua rekor, yakni dari segi jumlah miliarder yang terdaftar dengan 1.219 orang dan nilai kekayaan yang mencapai 4,5 triliun dollar AS.
DAFTAR 10 ORANG TERKAYA DI DUNIA 2011

1. CARLOS SLIM HELU

Net Worth : $74.0 Billion
Fortune : Self made
Source : Telecom
Age : 71
Country Of Citizenship : Mexico
Residence : Mexico City
Industry : Telecommunications
Education : NA
Marital Status : Widowed, 6 children

2. BILL GATES

Net Worth : $56.0 Billion
Fortune : Self Made
Source : Microsoft
Age : 55
Country Of Citizenship : United States
Residence : Medina, Washington
Industry : Software
Education : Harvard University, Drop Out,
Marital Status : Married, 3 children

READ MORE - 10 Orang Terkaya di Dunia 2011

Tips Menentukan Alternatif Pilihan Bisnis



Setelah membaca uraian di atas ternyata hobi dan kompetensi Anda belum juga dianggap sebagai peluang bisnis, Anda membutuhkan masukan ide-ide jenis usaha lainnya. Untuk mendapat ide-ide tersebut maka Anda perlu menyimak dan mencermati beberapa hal berikut ini.

o Cita-cita



Salah satu cara memunculkan ide kegiatan bisnis dapat Anda peroleh dari keinginan atau cita-cita pribadi. Berbekal kemauan yang keras untuk menjadi seorang pebisnis, Anda akan melihat segala peluang yang terbuka. Cita-cita merupakan dorongan yang kuat yang dapat melahirkan sesosok pebisnis andal. Selain itu, cita-cita yang dimiliki dapat diumpamakan tombol power. Jika tombol tersebut diaktifkan maka segala peluang dapat timbul secara cepat di otak Anda.

READ MORE - Tips Menentukan Alternatif Pilihan Bisnis

Cara Mudah Memilih Jenis Usaha




Sudah banyak artikel yang membahas mengenai jenis-jenis usaha, tips dan trik memulai usaha baru, namun belum satupun ide yang muncul di kepala Anda jenis usaha apakah yang paling cocok dengan Anda saat ini. Keinginan sudah bulat, modal bukan lagui suatu kendala. Snagat disayangkan jika modal awal yang sudah Anda miliki tersebut tidak segera diwujudkan dalam bentuk usha/bisnis riil. Tidak perlu khawatir, berikut ini saya coba bahas beberapa tips yang mungkin dapat dijadikan panduan untuk segera mewujudkan cita-cita Anda memiliki usaha sendiri. Anda berminat, baca artikel ini selanjutnya :

A. Hobi sebagai sumber profit

bisnis

Sebagian besar orang meiliki kegemaran atau istilah bekennya hobi, dari yang dijalankan sekedar iseng sampai yang ditekuni secara serius. Apa hobi Anda? Dan Anda termasuk jenis orang yang seperti apa, hobi hanya sekedar untuk mengisi waktu dan lebih cenderung menguras isi kantong Anda atau sebaliknya? Jika ya sudah saatnya untuk merubah kegiatan tersebut sebagai peluang usaha. Untuk segmen pasarnya lebih jelas dan fokus, yakni orang-orang yang sehobi dnegan Anda. Mulai lah dari hal-hal yang ringan, semakin lama kembangkan usaha tersebut bahkan jika mungkin menjadi “ahli” dalam bidang tersebut.

Pada umumnya orang melakukan kegiatan yang digemarinya dengan perasaan senang, sama sekali tidak ada beban. Coba bayangkan bagaimana nikmatnya menjalankan bisnis Anda dengan perasaan yang sama. Tidak sedikit wirausahawan sukses yang berhasil berangkat dari hobi, ya hobi yang dijalankan dengan sungguh-sungguh dan serius bukan tidak mungkin dapat menjadi sumber penghasilan.

READ MORE - Cara Mudah Memilih Jenis Usaha

Rahasia Menjadi Blogger Sukses

Saturday, December 3, 2011

Dewasa ini blog berkembang sangat pesat. Menurut report yang ada, setiap detiknya muncul sekitar 1.000.000.000 blog baru di dunia. Begitu banyak blogger2 baru yang bertebaran di dunia maya ini. Ada yang sukses dan ada pula blog kandas di tengah jalan. Namun bagaimana cara agar kita bisa bertahan di dunia maya dengan blog buatan kita??
Berikut ini tips yang akan member itahu bagaimana kita bisa menjadi blogger yang sukses dan mampu untuk survive di dunia ngeblog :

1. Tunjukkan siapa diri anda sebenarnya.
rahasia sukses


Jangan takut untuk dikenal oleh banyak orang. Tidak ada gunanya kita menulis posting atau komentar berkualitas namun kita menyembunyikan identitas kta. Menjadi anonim adalah suatu kerugian besar. Tunjukkan diri anda, agar setiap orang tahu bahwa anda adalah blogger yang sukses dan berkualitas.

2. Fokus

Fokuslah terhadap konten dan topik yang anda bahas. Ingat bahwa blogging = sharing, semakin banyak dan bermanfaat sharing yang anda berikan melalui posting anda…maka anda telah selangkah lebih maju untuk sukses.

3. Ngeblog dengan hati

Blog kita nantinya akan dibaca oleh puluhan, ratusan, bahkan jutaan netter di dunia. Karena itu suguhilah mereka dengan konten yang anda sukai. Jika anda sendiri tidak menyukai apa yang sedang anda bahas, akan sulit bagi pembaca untuk menyukai isi blog anda.

4. Konsisten untuk terus menulis

Rajin menulis adalah salah satu kunci sukses di segala bidang kehidupan. Dengan ngeblog, maka secara tidak langsung kita berlatih untuk menulis dan belajar untuk sukses. Isilah blog yang kita buat dengan tulisan2 yang terus menerus terupdate secara konsisten. Dengan rajin menulis blog anda bisa dicintai oleh mesin pencari sekaligus oleh jutaan netter di dunia.

5. Rajin bertukar link.

Bertukar link dengan blog lain sangatlah menguntungkan. Blog anda bisa dikenal oleh pengunjung blog teman anda begitu pula sebaliknya.

6. Isi komentar di blog lain

Dengan mengisi komentar di blog lain, kamu sama saja dengan memasang promosi gratis buat blog kamu. Dengan begitu blog kamu akan lebih dikenal dan lebih cepat booming dengan mudah. Tapi jangan spam yaa…

7. Have fun

Jangan buat ngeblog menjadi beban. Blog adala bersenang senang mencurakan isi pikiran kita. Jika kita menganggap blog sebagai beban, lama kelamaan blog kita akan kandas di tengah jalan.

8. Lakukan ping seusai membuat posting baru.

Dengan ping maka informasi terbaru yang ada di blog kita dapat segera diketahui oleh netter di seluruh dunia. Salah satu layanan ping buatan wordpress adalah ping-o-matic.

9. Gunakan feed.

Feed digunakan untuk berlangganan artikel secara gratis. Dengan memanfaatkan feed, maka pengunjung kita akan memperoleh artikel2 terbaru kita melalui feed reader mereka.

10. Pilih judul posting yang menarik

Judul yang menarik adalah judul yang dapat membuat pengunjung penasaran dan ingin segera membaca artikel kamu sepuasnya. Artikel yang menarik bisa saja tidak akan dibaca oleh pengunjung jika tidak memberi judul yang tepat pada artikel tersebut.

11. Jadilah ilmuwan blog.

Disini bukan berarti anda harus kuliah atau sekolah khusus tentang blog. Tapi jadi ilmuwan yang saya maksud adalah jangan takut bereksperimen terhadap blog anda. Cobalah pasang plugin atau tools2 baru agar anda semakin lihai ber-blog-ria, karena ada pepatah mengatakan experience is the best teacher…learning by doing..keep blogging
READ MORE - Rahasia Menjadi Blogger Sukses

Kisah Perjuangan Orang-Orang Sukses


Sukses
Oprah Winfrey

keberanian “Menjadi Diri Sendiri”, Oprah menjadi presenter paling populer di Amerika dan menjadi wanita selebritis terkaya versi majalah Forbes, dengan kekayaan lebih dari US $ 1 Milyar. Copy acara “The Oprah Winfrey Show” telah diputar di hampir seluruh penjuru bumi ini.

TAHUKAH ANDA?
Lahir di Mississisipi dari pasangan Afro-Amerika dengan nama Oprah Gail Winfrey. Ayahnya mantan serdadu yang kemudian menjadi tukang cukur, sedang ibunya seorang pembantu rumah tangga. Karena keduanya berpisah maka Oprah kecil pun diasuh oleh neneknya di dilingkungan yang kumuh dan sangat miskin. Luarbiasanya, di usia 3 tahun Oprah telah dapat membaca Injil dengan keras.

“Membaca adalah gerai untuk mengenal dunia” katanya dalam suatu wawancaranya.

Pada usia 9 tahun, Oprah mengalami pelecehan sexual, dia diperkosa oleh saudara sepupu ibunya beserta teman-temannya dan terjadi berulang kali. Di usia 13 tahun Oprah harus menerima kenyataan hamil dan melahirkan, namun bayinya meninggal dua minggu setelah dilahirkan.

Setelah kejadian itu, Oprah lari ke rumah ayahnya di Nashville. Ayahnya mendidik dengan sangat keras dan disiplin tinggi. Dia diwajibkan membaca buku dan membuat ringkasannya setiap pekan. Walaupun tertekan berat, namun kelak disadari bahwa didikan keras inilah yang menjadikannya sebagai wanita yang tegar, percaya diri dan berdisiplin tinggi.

Prestasinya sebagai siswi teladan di SMA membawanya terpilih menjadi wakil siswi yang diundang ke Gedung Putih. Beasiswa pun di dapat saat memasuki jenjang perguruan tinggi. Oprah pernah memenangkan kontes kecantikan, dan saat itulah pertama kali dia menjadi sorotan publik..

Karirnya dimulai sebagai penyiar radio lokal saat di bangku SMA. Karir di dunia TV di bangun diusia 19 tahun. Dia menjadi wanita negro pertama dan termuda sebagai pembaca berita stasiun TV lokal tersebut. Oprah memulai debut talkshow TVnya dalam acara People Are Talking. Dan keputusannya untuk pindah ke Chicago lah yang akhirnya membawa Oprah ke puncak karirnya. The Oprah Winfrey Show menjadi acara talkshow dengan rating tertinggi berskala nasional yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian di Amerika. Sungguh luar biasa!

READ MORE - Kisah Perjuangan Orang-Orang Sukses

 
 
 

Hem

Labels

Labels

Labels