Pages

Badvirs

Siti

Wednesday, February 6, 2013

LHI
 
JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melepaskan jabatan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq menyatakan mundur dari keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat. Hal ini menyusul ditetapkannya ia sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengurusan rekomendasi impor daging sapi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Saat diperiksa KPK, Rabu (6/2/2013), Luthfi mengungkapkan alasannya mundur dari DPR. Menurut Luthfi, ia mundur agar PKS bisa bergerak, terutama untuk mengurus daerah pemilihan Luthfi, Jawa Timur V.

"Kali ini, saya konsen kepada Dapil saya supaya tetap ada perhatian Dapil saya. Untuk itu, saya dengan ini mengundurkan diri sebagai DPR RI supaya segera diganti orang sesudah saya dan bisa memberikan perhatian kepada Dapil saya," ujarnya.

Untuk proses selanjutnya, kata Luthfi, mengikuti mekanisme di DPR. Pada Selasa (5/2/2013) kemarin, Fraksi PKS mengumumkan pengunduran diri Luthfi dari DPR. Surat pengunduran diri Lutfhi dibuat tertanggal 4 Februari 2013. Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, pengunduran diri secara lisan disampaikan Luthfi ketika dijenguk pihaknya di Rumah Tahanan Guntur, Jakarta Selatan, Senin kemarin.

Menyusul, surat resmi pengunduran diri disampaikan melalui pengacara. Hidayat menuturkan, selanjutnya Fraksi PKS akan memproses pengunduran diri Luthfi. Posisi Luthfi di DPR akan diganti calon legislatif asal PKS yang mendapat suara terbanyak setelah Luthfi di daerah pemilihan Jawa Timur V.

Diberitakan sebelumnya, Luthfi dijerat KPK terkait kasus dugaan korupsi pemberian rekomendasi kuota impor daging kepada Kementerian Pertanian. Luthfi diduga "menjual" otoritasnya untuk memengaruhi pihak-pihak yang memiliki kewenangan terkait kebijakan impor daging tersebut.

Luthfi dan orang dekatnya, Ahmad Fathanah, diduga menerima suap dari perusahaan impor daging, PT Indoguna Utama, dengan barang bukti senilai Rp 1 miliar. KPK juga menetapkan Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Abdi Arya Effendi sebagai tersangka pemberi suap.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Hem

Labels

Labels

Labels