Pages

Badvirs

Siti

Wirausaha Muda Agar Tingkatkan Industri Perikanan

Monday, December 19, 2011

Sharif : Wirausaha Muda Agar Tingkatkan Industri Perikanan
09/12/2011 - Kategori : Siaran Pers
No. B.153/PDSI/HM.310/XII/2011

Sharif : Wirausaha Muda  Agar Tingkatkan Industri Perikanan

bisnis


Pelaku wirausaha perikanan diharapkan mampu membentuk dan meningkatkan nilai tawar produk perikanan Indonesia yang kuat di pasar dunila terutama dalam menghadapi tantangan persaingan global yang semakin kuat.
bisnis

Disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo dalam Temu Bisnis Alumni Pendidikan Kelautan dan Perikanan hari ini (9/12) di Jakarta.  Sharif mengatakan, terbentuknya komunitas wirausaha yang terdidik akan membentuk jejaring bisnis perikanan yang solid karena dari komunitas yang berlatar belakang serupa berpotensi menjadi kelompok yang memainkan peran penting serta mempelopori perubahan. ”Pelaku wirausaha yang mampu mempelopori perubahan atau agent of change dipastikan akan dapat menjalankan kegiatan usaha dengan melakukan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang bijaksana, sehingga tidak hanya bermanfaat secara ekonomi tapi juga bagi lingkungan”, ujarnya.


bisnis

Lebih lanjut Sharif mengungkapkan bahwa pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan saat ini hanya memperhatikan aspek ekonominya namun kurang memperhatikan aspek lingkungan. Padahal dengan memperhatikan aspek lingkungan secara langsung dapat bermanfaat secara ekonomi sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan. “Komunitas pelaku wirausaha diharapkan memiliki persepsi yang sama dalam menjalankan usahanya yakni secara bijaksana, cerdas, berwawasan lingkungan, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumberdaya perikanan sehingga dapat memberikan manfaat esecara ekonomi, sosial, dan lingkungan,” ujarnya. Ia menambahkan, salah satu kelompok masyarakat yang memiliki peran penting terkait dengan hal tersebut di atas adalah para pelaku usaha perikanan itu sendiri.

bisnis

Sebanyak 250 orang pengusaha sukses yang merupakan alumni lembaga pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan hadir pada acara ini. Mereka adalah alumni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta, Akademi Perikanan (AP) Sidoarjo, AP Bitung, AP Sorong, Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM-N) Ladong Aceh, SUPM-N Pariaman, SUPM-N Tegal, SUPM-N Kota Agung, SUPM-N Pontianak, SUPM-N Bone, SUPM-N Waeheru Ambon, SUPM-N Sorong. Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja mengatakan, kegiatan temu bisnis ini dilakukan untuk meningkatkan akses bagi lulusan pendidikan kelautan dan perikanan ke dunia usaha dan industri. Sjarief berharap, dengan diselenggarakannya temu bisnis ini, maka akan tercipta sinergitas antara pemerintah dan pengusaha dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat serta dapat menciptakan tersedianya lapangan pekerjaan dan kesempatan berwirausaha di bidang kelautan dan perikanan.


Jakarta, 9 Desember 2011

Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi



Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc


Narasumber:

1.     Ir. Sjarief Widjaja, Ph.D., FRINA

Kepala Badan Pengembangan SDMKP (HP. 08111991920)

2.     Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc

Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi (HP. 0811836967)

1 comments:

Ari Prasetiawan said...

jd inget ktika ternak ikan cupang

Post a Comment

 
 
 

Hem

Labels

Labels

Labels