Pages

Badvirs

Siti

Duduk & Ambein

Monday, August 27, 2012

Sekitar beberapa waktu yang lalu, celetukan teman ngomong, "awas, jangan banyak duduk ntar bisa ambein", katanya. langsung aja, kepikiran ni, gimana ngga kepikiran.  ane banyak duduk ni. soalnya tuntutan pekerjaan. wah langsung aja, cari-cari infonya, ya sekalian biar diri ini inget apa itu ambein dan cara mengobatinya.
 
Tanda dari Gejala Ambein
Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir dan gejala ambeien seperti apa sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Ambeien internal (di dalam rektum) biasanya menyebabkan pendarahan yang tidak sakit saat buang air besar. Namun demikian, darah yang keluar bersama kotoran dapat juga disebabkan oleh selain wasir (misalnya kanker usus). Bila Anda mendapati darah dalam kotoran Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan ahli-ahli pengobatan karena ini merupakan gejala ambeien.

Gejala Ambeien lainnya adalah buang air yang terasa tidak tuntas meskipun sudah tidak ada lagi yang dapat dikeluarkan. Selain itu, Anda mungkin juga merasakan perih, gatal atau iritasi di sekitar anus. Hal ini terutama terjadi bila wasir “nongol keluar” (prolapsis). Anda biasanya dapat memasukkan kembali wasir tersebut melalui anus dan masalahnya selesai, tetapi bila tidak dapat dimasukkan dan semakin membesar karena terjebak di luar anus hal ini akan membuat anda semakin tidak nyaman.

Gejala ambeien luar (di sekitar anus) antara lain pembengkakan yang nyeri atau benjolan keras di sekitar anus yang terbentuk dari gumpalan darah. Rasa sakit biasanya meningkat saat buang air besar atau ketika duduk.

sebenarnya banyak cara mengobati ambein, salah satunya di bawah ini:
 
Herbal daun ungu bisa digunakan untuk mengobati ambeien atau wasir. Tanaman jenis famili acanthaceae itu memang mujarab untuk mengobati penyakit akibat membengkaknya bibir anus itu. Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. 


Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid). Wasir bisa disebabkan karena kurang mengkonsumsi serat. Ini mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan.

Pola hidup yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pememicu timbulnya wasir. Untuk penggunaan daun ungu dalam mengobati wasir itu, dikatakan oleh Qodri begitu ia disapa, yakni sebanyak 9-10 gram daun ungu segar atau 10 lembar daun ungu kemudian direbus dengan 1500 cc air. Sesudah direbus airnya menjadi 1000 cc dibagi menjadi 3 gelas diminum 3 kali dalam satu hari.

Selain cara itu daun ungu bisa diolah menjadi kripik tepung renyah seperti yang ditunjukkan pada pengunjung pameran Hospital Expo dalam Surabaya Health Season di Sangril-La Hotel beberapa waktu lalu. Selain menjadi obat, daun ungu ini bisa dibuat camilan sehat. Caranya mudah sekali, ambil ¼ tepung maizena, berikan bumbu lada hitam, garam, bawang merah dan bawang putih, beri air secukupnya. Setelah adonan selesai masukkan daun ungu, goreng satu persatu hingga kecoklatan tiriskan dan siap untuk di cicipi

0 comments:

Post a Comment

 
 
 

Hem

Labels

Labels

Labels